Sabtu, 14 September 2019

TRANSPORTASI UMUM KE SITU GUNUNG


Tempat wisata Situ Gunung dibuka Bulan September 2018. Komplek wisata ini terletak di kaki gunung Gede Pangrango Sukabumi dan masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Ada 3 object wisata utama yang ditawarkan yaitu Situ Gunung Suspension Bridge, Waduk Situ Gunung dan Curug Sawer. Situ Gunung Suspension Bridge menjadi object wisata paling popular dimana kita diberi kesempatan untuk menyeberang di jembatan gantung yang kabarnya merupakan yang terpanjang di Asia Tenggara ini. Selain Situ Gunung Suspension Bridge kita juga bisa menikmasi Curug Sawer yang masih alami dan Waduk Situgung yang mempesona.
Situ Gunung Suspension Bridge

Banyak orang yang ingin berlibur ke Situgunung tetapi bingung untuk akses transportasi kesana. Saya akan membagikan info tentang akses transportasi umum ke Situ Gunung khususnya akses dari Kota Jakarta. Bagi kalian yang berangkat dari Jakarta dan sekitarnya akses paling mudah adalah naik kereta Pangarango Bogor-Sukabumi. Kalau ingin murah dan aman dari macet naiklah KRL dari Jakarta ke Bogor. Ambil KRL pagi maksimal jam 06.30 bisa dari stasiun Sudirman atau stasiun Manggarai. Perjalanan KRL Jakarta-Bogor sekitar 1,5 jam, sedangkan kereta Pangrango paling pagi jam 07.50. Silahkan diatur sendiri waktunya agar tidak ketinggalan kereta.


Kereta Pangrango berangkat dari Stasiun Bogor Paledang. Stasiun ini sendiri terletak 50 meter di sebelah selatan stasiun bogor (stasiun pemberhentian terakhir KRL). Dari Stasiun Bogor keluar terus nyeberang Jalan Dramaga, jalan kearah timur (arah Kebun Raya Bogor). Sekitar 50 meter dari pertigaan (pintu keluar stasiun) ada gang kecil akses masuk ke stasiun Bogor Paledang. Kalau bingung tanya saja ke Satpam Stasiun KRL Bogor.

Stasiun Bogor Paledang

Kereta Pangrango berangkat 3 kali sehari, paling pagi jam 07.50 dan paling malam jam 18.30. Tapi saat weekend biasanya ada kereta tambahan sampai 3 kali dalam sehari, jadi bisa 6 kali perjalanan dalam sehari. Harga tiketnya 35 ribu untuk ekonomi dan 80 ribu untuk ekskutif. Untuk menuju situgunung turun saja di stasiun Cisaat. Stasiun ini adalah stasiun sebelum stasiun Sukabumi. Kalau mau ke kota Sukabumi (misalkan sudah pesen hotel) bisa turun di stasiun Sukabumi, tapi kalau mau langsung ke lokasi situ gunung turunnya di stasiun cisaat.

Sesampainya di Stasiun Cisaat cari angkot yang menuju ke Situ gunung. Tapi jika tidak ada cari saja angkot apapun yang bisa turun di Polsek Cisaat, waktunya sekitar 10 menit dengan tarif sekitar 5 ribu. Kalau terlalu lama menunggu angkot bisa aja naik gojek. Dari Polsek Cisaat naik angkot warna merah jurusan Situ Gunung. Jangan takut, banyak sekali angkot yang menuju ke Situ Gunung dari sini khususnya saat weekend, jadi relatif cepat dapat angkot. Tarif angkot dari Polsek ke Situ Gunung sekitar 12 ribu. Perjalanan dari Polsek Cisaat sampai lokasi sekitar 30-45 menit.

Angkot akan turun didepan pintu gerbang kawasan wisata Situ Gunung. Tarif masuk ke Situ Gunung sebesar 18.500 per orang saat weekend. Kalau bawa sepeda motor tambah 5 ribu per motor. Tarif ini belum termasuk melewati Suspension Bridge tetapi sudah termasuk Curug Sawer dan Waduk Situ Gunung. Untuk masuk Suspension Bridge sendiri dikenakan biaya 50 ribu per orang. Kalau mau camping biaya masuknya  jadi 35 ribu per orang.

Kalau mau bermalam dengan konsep Glamping, sebuah konsep camping tapi modern dan mewah tersedia disini. Banyak penyedia yang menawarkan paket glamping, bisa tanya ke petugas atau bisa menghubungi salah satu penyedia Glamping yaitu Tanakita 0878 2063 1452. Situ Gunung dibuka mulai jam 07.00 sampai jam 17.00, angkot juga masih ada sampai jam 17.30.  

Curug Sawer

Waduk Situ Gunung

Pintu Masuk Situ Gunung Suspension Bridge

Kawasan Glamping


Tidak ada komentar:

Posting Komentar